Inovasi Digital di Pasar Tradisional, – Perumda Pasar Makassar Raya semakin memperkuat langkah untuk menghadirkan digitalisasi di pasar tradisional. Pada Rabu, 13 Agustus 2025, tim melakukan uji coba pemindaian barcode di Pasar Pusat Niaga Daya (PND), serta memberikan sosialisasi mengenai metode baru ini kepada para pedagang.
Kabag Pendapatan Perumda Pasar Makassar, H. M. Sahid, memaparkan bahwa uji coba ini adalah bagian dari komitmen untuk mewujudkan program Digitalisasi Pasar di Kota Makassar. Ini termasuk penggunaan aplikasi Siaga yang mulai diberlakukan sejak 1 Agustus 2025.
Implementasi Sistem Barcode untuk Transparansi
Sistem barcode ini dirancang untuk meminimalkan potensi kebocoran retribusi. Menurut Sahid, setiap pemindaian yang dilakukan langsung tercatat dalam server secara digital. Dalam sistem ini, jika ada transaksi yang belum terjadi, sistem akan secara otomatis mencatatnya sebagai tunggakan.
Respon pedagang di PND Daya terhadap sistem baru ini sangat positif. Banyak dari mereka sudah mulai memahami cara kerja mekanisme ini dan berkomitmen untuk melunasi tunggakan jasa usaha mereka jika omset di hari-hari berikutnya membaik. Hal ini menunjukkan bahwa para pedagang mulai beradaptasi dengan perubahan yang ada dan melihat potensi manfaat dari sistem ini.
Meningkatkan Efisiensi dan Pendapatan Melalui Digitalisasi
Sistem ini tidak hanya bermanfaat bagi pendapatan Perumda Pasar, namun juga menyediakan pembacaan transaksi pembayaran, baik harian maupun tunggakan, secara real-time. Begitu transaksi tercatat, beban tarif di server akan terhapus langsung, sehingga memberikan kemudahan bagi pedagang dalam mengelola kewajiban mereka.
Diharapkan, langkah ini dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi di pasar, sejalan dengan tujuan besar #MenujuMakassarMulia dan program #DigitalisasiPasarTradisional. Dengan digitalisasi, hubungan antara pedagang dan pengelola pasar akan lebih transparan dan terorganisir, menciptakan kepercayaan yang lebih baik di antara keduanya.
Penutup dari semua inovasi ini adalah menciptakan lingkungan pasar yang lebih modern dan efisien, di mana para pedagang dapat fokus pada penjualan dan pelanggan mendapatkan layanan yang lebih baik. Transformasi digital di pasar tradisional bukan hanya sebuah pilihan; ini adalah sebuah kebutuhan yang mendesak untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan yang positif di era digital ini.